Aku bisa mati, aku tidak bisa hidup

Aku bisa membaca
Aku bisa menulis
Tapi aku tak bisa melukis langit
Tapi aku tak bisa menggambar matahari

Aku bisa menangis
Aku bisa tertawa
Tapi aku tak bisa menjulurkan tangan untuk korban perang
Tapi aku tak bisa merogoh kantong untuk menolong

Aku tahu
Aku juga tidak tahu
Tapi pengetahuan mengekangku
Tapi ketidak-tahuan menjegalku

Aku bisa bersimpati
Aku bisa berantipati
Tapi hanya sebatas omongan
Tapi hanya agar dipuji orang

Aku bisa diam
Aku bisa menjerit
Tapi sering aku tuli akan suara adzan
Tapi sering aku bergosip dengan teman

Aku bisa melihat
Aku bisa karena mataku sehat
Tapi melirik qur’an saja aku enggan
Tapi aku buta akan kebaikan

Aku bisa mati, aku tidak bisa hidup

Leave a Reply

