Apakah aku

Lihatlah mereka tersenyum…
Saat manusia itu lahir
Lihatlah mereka menangis…
Saat manusia itu mati

Apa yang lebih menggembirakan daripada sebuah kelahiran?
Apa yang lebih memilukan daripada sebuah kematian?

Itulah yang aku selalu gelisahkan saudaraku
Apakah dulu aku takut atau bahagia saat Tuhan memberiku kehidupan?
ku harap aku takut

Jika Izrail mendatangiku.
Pertanda bahwa waktuku telah habis.
Siapa yang mau?
Bagaimana diriku dulu, saat Tuhan menawariku kehidupan?

Apakah aku harus menangis saat ibuku wafat?
Jika yang aku tangisi adalah sebuah kematian
Sungguh itu berarti aku menangisi diriku sendiri

Apakah aku harus bersedih saat bapakku tewas?
Jika aku menangis hanya karena kematian
Sungguh hidupku penuh dengan keputus-asaan

Apakah aku harus menangis di depan mayat adik & kakakku?
Jika tangisku karena sebuah kematian
Sungguh selama ini aku sudah mengolok Tuhan

Apakah aku harus merasa kehilangan saat sahabatku mati kecelakaan?
Jika alasannya karena kematian
Sungguh aku sudah menyepelekan takdir

Leave a Reply

